• AAU kawah candradimukaku

    Siang itu aku benar-benar tidak bisa konsen kerja, karena hari itu memang pengumuman akhir atau pengumuman final aku diterima atau tidak sebagai pegawai Bank BPD DIY. Jika ada kesempatan aku membuka website BPD untuk melihat apakah sudah ada hasilnya atau belum. Tapi ternyata belum ada juga. Deg-deg an juga, karena aku merasa tidak bisa menjawab pertanyaan dari dewan direksi.

    Malam harinya setelah aku pulang kerja, salah seorang teman yang juga ikut wawancara user sms aku. “Wul, pengumumannya udah keluar.”
    Kaget banget baca sms itu, langsung aja aku buka hape. Ceritanya tu mau lihat pengumuman lewat hape (biasanya juga gitu). Eh..tapi gak tau kenapa, aku gak bisa liat pengumumannya. Aku gak tau yang eror hapenya atau cardnya. Pokoknya gak bisa dipake. Terus aku pinjem hape kakak ma bapak..Eh..gak bisa dipake juga. Gara-gara itu, aku semakin panik. Terus karena udah sangat tidak sabar, kuputuskan untuk pergi ke warnet. Sepanjang jalan aku tetep deg-degan. Antara takut gak lolos dan bingung kalo lolos gimana (masih nunggu pengumuman BPK juga).
    Nyampe di warnet aku buka website BPD, terus ditunggu bentar, tiba-tiba aku melihat tulisan

    “Selamat anda dinyatakan lolos untuk wawancara direksi. Selanjutnya diharapkan kedatangannya untuk mengikuti pembekalan pada hari…..”

    Alhamdulillah…Kupanjatkan syukur yang tak terkira kepada-Mu Ya Allah. Aku bener-bener seneng banget. Akhirnya perjuanganku selama ini udah bertelur juga (ayam kali bertelur!!!!). Mungkin hampir setahun aku nyari kerja, ngirim lamaran, ikut tes tapi juga belum ada hasilnya. Yah walaupun aku sudah jadi staf tetap GO atau PPE, tapi aku tetap berusaha untuk mencari pekerjaan yang lain. Yah pokoknya aku seneng banget.

    Tahap selanjutnya adalah mengikuti pembekalan. Di pembekalan tersebut diberitahu semua hal tentang BPD, gaji dan tunjangan yang diterima, peraturan yang harus ditaati, larangan pegawai, dll. Nah yang paling bikin kaget itu hari senin ada diklat kesamaptaan di AAU (Akademi Angkatan Udara). Bikin kaget karena pembekalan itu dilakukan hari jumat dan aku belum buat surat resign dari GO, terus kerjaannku di GO belum selesai. Persiapan buat diklat di AAU juga Cuma 2 hari. Pusiiing…tapi ya mau gimana lagi..harus dijalani juga.

    Sesuai dengan pemberitahuan waktu pembekalan senin pagi itu jadwal penandatanganan kontrak. Bismillahirrohmanirrohim…aku pun tanda tangan kontrak yang ada didepanku. Semoga ini menjadi keputusan yang terbaik. Semoga langkahku di BPD selalu mendapat ridho-Mu Ya Allah..Amien..amien..amien…

    Sorenya kita semua kumpul di depan kantor BPD untuk siap-siap pergi menuju kawah candradimuka (halah) di AAU. Awalnya kita masih seneng-seneng, nggosip ma temen-temen (biasalah cewek..hehehehe), tapi setelah bis AAU datang, dan ada 4 orang yang pake seragam tentara (loreng-loreng warna ijo itu lho..) turun dari bis, kita semua langsung diem. Wah kok serem banget ya. Abis di bagi kelompok, kita semua naik bis AAU. Inilah awal dari semua ketegangan di AAU…….


    Senin, 15 Februari 2010
    Senin sore aku dan teman-teman (115 orang) naik bis ke AAU. Kita diturunin di portal kedua di AAU, jadi kita harus jalan sampai ke tempat berikutnya (namanya Teleng Krida). Sebenarnya jalannya sih biasa, jadi gak biasa karena kita pake sepatu high heels. Parah banget kan. Udah gitu jalannya jauh banget. Otomatis kaki nih udah lecet-lecet semua. Nah karena gak kuat kita lepas kan sepatunya alias nyeker. Eh ternyata itu keputusan yang salah. Soalnya jalannya kan aspal dan panas, jadi kaki yang tadinya Cuma lecet sekarang jadi melepuh karena kena panas. Huaaaa….sakit banget. Semakin sakit buat jalan.
    Nyampe Teleng Krida (itu jadi mess para cowok, kalo yang cewek sih di Mess Aklan, pake kamar mandi dalem) kita dibagiin kaos loreng, kaos ijo lengan panjang, training, topi, buku, alas tulis ma bolpen. Trus abis itu kita naik bis ke Mess Aklan. Nyampe di Mess kata pelatih yang satu kita boleh mandi, eh baru setengah mandi tiba-tiba udah disuruh kumpul buat makan. Aduh gawat banget kan. Kalo aku sih udah selesai mandi, lha temen sekamarku itu yang belum, jadinya kayak dikejar maling pake baju trus langsung kumpul di ruang makan. Belum abis kagetnya, kita udah dimarahin, trus disuruh cepet-cepet makan. Buset deh, ini makan ato apa, masa makan gak pake dikunyah dulu..Lauknya sih lumayan, tapi jadi gak enak karena disuruh cepet-cepet itu.
    Abis makan kita langsung disuruh ke Teleng Krida buat Gladi Resik Upacara pembukaan Diklat Kesamaptaan BPD DIY.


    Selasa, 16 Februari 2010

    Selasa pagi kita semua bangun jam 4 pagi (tiap hari harus bangun jam segitu) trus senam pagi. Abis senam, mandi terus makan pagi (makan pagi jam 6). Abis makan terus jalan ke GSM (Gedung Sabang Merauke) buat ikutan upacara Pembukaan. Upacaranya sih gak lama, Cuma 20 menitan. Tapi yang bikin lama (serasa setaun) karena kita berdiri pake sepatu high heels dan gak boleh ada gerakan tambahan. Jadi kalo istirahat ya istirahat, sikap sempurna ya sikap sempurna. Gilaaa..rasanya udah pingin duduk aja.
    Abis upacara, kita ada foto bersama satu angkatan barengan ma Gubernur AAU dan Direktur Utama Bank BPD DIY bersama dewan direksi yang lain. Acara foto-foto sih berjalan dengan sangat lancar. Walaupun puanas banget, tapi berjalan lancar.
    Abis upacara langsung disuruh balik ke Mess Aklan buat ganti baju. Pake training, sepatu olah raga, ma Kaos ijo panjang. Kita mah iya iya ja. Gak ngerti apa yang bakal terjadi (halah lebay)…
    Abis itu kita jalan ke Stadion (inget ya udaranya puanas banget). Nyampe stadion kita udah disambut para pelatih (kita nyebutnya pelatih). Trus disuruh baris. Baru berdiri bentar aja, baju tu dah basah banget. Tapi ya harus ditahan..
    Nah tau gak, kita disuruh kumpul di stadion itu buat apa??? Kita mau ada perjalanan jauh (gak tau sih namanya apa). Kira-kira 9-10 km lebih. Padahal udara tuh panas banget. Dan kita Cuma dikasih air mineral ukuran 600ml buat 4 orang. Awalnya sih kuat, sambil nyanyi-nyanyi juga. Nah nyampe di bandara Adisuciptonya (rutenya tuh lewat adisucipto) aku dah hampir tepar. Gak kuat banget, mana perutku dah sakit banget. Banyak temen-temenku yang dah mulai tumbang, keluar masuk Ambulance. Tapi aku harus bisa, aku harus terus jalan, aku gak boleh nyerah. Jadinya ya aku terus jalan, walaupun kaki ma badan udah mulai gak kuat. Baju tu dah basah ma keringat, kaki rasanya panas banget, kepala rasanya udah mendidih. Padahal itu belum ada setengah perjalanan lho. Beberapa jam kemudian, kita berhenti buat makan snack. Untung banget, kalo enggak bener-bener bisa tepar aku. Eh makan snack aja juga gak tenang, harus cepet-cepet. Haduh, perutku sayang..hiks..hiks..
    Abis itu kita lanjut lagi. Menurutku perjalanan pulang ini lebih berat, karena harus nglewatin kebun tebu (ternyata itu tempat buat caraka malam) dan kayaknya semakin jauh. Nah pokoknya pemberhentian terakhir itu di Teleng. Ternyata disitu kita makan siang.
    Kita makan siang pake ompreng (yang kayak di penjara2 tu lho). Semuanya udah disiapin dan kita tinggal makan. Porsi nasinya itu buanyak banget. Tiba-tiba aku nangis. Gak tau juga tiba-tiba nangis. Mungkin karena udah terlalu capek karena jalan, terus sekarang harus makan segitu banyak. Dan gak boleh disisain. Padahal buat makan sesuap aja udah gak bisa. Pinginnya cuma minum ma tiduran. Tapi terpaksa harus aku abisin. Abis makan yang cewek balik ke Mess karena mau ada pemotretan (halah..maksudnya tu pas foto buat sertifikat). Ya ampun, foto dengan keadaan kucel kayak gini…Gak banget deh. Tapi ya mau gimana lagi. Tetep harus dijalani. Jadilah aku foto dengan atasan baju putih, bawahan training. Huaah pokoknya gak banget. Abis foto, tiba-tiba aku pingin muntah. Ya secara tadi porsi makannya buanyak banget.
    Nah abis sholat dhuhur, kita ada PBB (Peraturan Baris Berbaris). Ya ampun padahal kaki ni udah gak berasa saking capeknya. Masih juga ada baris berbaris. Tapi untungnya agak mendung dan gak sepanas tadi. Jadi lumayanlah. Dan lebih bersyukur lagi, di tengah-tengah PBB ujan deres, jadinya PBB di lakukan di tempat duduk di stadion. Lebih untung lagi 2 pelatih kita (peleton 2) tu baiiiiiik banget. Eh selain baik juga bijaksana ma lucu. Wah pokoknya keren banget deh.
    Abis PBB kegiatannya udah gak terlalu padet, cuma materi di kelas, malem jam 7 juga ada materi. Nah kalo udah gitu mah tinggal capek ma ngantuknya aja. Jadi gak pernah konsen ma materi yang dikasih.


    Rabu, 17 Februari 2010

    Pagi itu seperti biasa kita senam pagi, pembersihan lingkungan, mandi, terus makan.



    Abis makan pagi kita bergerak ke Teleng buat ikutan apel pagi



    Abis itu terus PBB. Pelajaran PBB itu materi yang paling aku seneng. Jadinya ya gak bosen trus ngrasa gak capek juga. Nah abis PBB kita mau bergerak buat ikutan ravling ma mountaineering (tingginya kira-kira 60m). Tapi sebelumnya tuh kita diajarin yel-yel dulu ma pelatih. Yel-yelnya gini:

    Saya tunggu engkau..ku tunggu engkau rupanya engkau forget to me
    Saya tunggu engkau..ku tunggu engkau rupanya engkau forget to me
    Saya tahan sakit-sakit jungkir balik di AAU rupanya engkau forget to me
    Rambate rasa ayo tarik napas..hu ha
    Di sini aku jadi tambah senang..hu ha
    Andaikan aku burung aku akan terbang, 4 hari lagi aku akan pulang
    Bangun pagi-pagi menuju ke lapangan, untuk mengikuti latihan kesamaptaan
    Tak tahan raanya ingin segera pulang, tapi pelajaran belum usai
    Mau makan jalan jongkok habis makan lompat kodok
    Dicaci dimaki dan dibentak-bentak..heiii
    Wahai pelatihku betapa kejam dirimu, wahai pelatihku betapa jeli matamu
    Tak tahukah engkau apa isi hatiku, ku cinta padamu, ku sayang padamu


    Nah abis dapet lagu itu, kita semangat banget teriakin yel-yel sepanjang jalan. Buat informasi aja, mau latihan ravling ma mountaineering itu kita harus jalan dulu, terus dalam kondisi yang puanas banget. Jadi tetep aja udah capek duluan.
    Nah sampai di lokasi, kita udah shock aja liat tebing buatan setinggi 60m, yang udah tua banget. Sumpah tinggi banget, dan walaupun pake besi, tetep aja udah tua dan karatan. Jadi serem banget. Sebenernya waktu turunnya itu gak serem, karena kita pake pengaman dan banyak pelatih yang udah siap sedia, tapi naik ke atasnya itu. Kalo kita gak ati-ati, kepleset dikit aja, udah gak tau deh bentuknya ntar. Nah aku nyobain mountaineering dulu. Secara teori sih gampang, tapi klo udah dipraktikkan susah banget. Nah pa giliranku itu, awalnya udah bener, tapi karena dipuji ma pelatihnya (halah ngeles aja nie doi..), tiba-tiba aku udah kehilangan keseimbangan. Jadinya bukan mountaineering tapi malah ravling. Trus pas ditengah-tengah udah panik, karena kakiku gak nyampe2 tanah. Ditambah lagi sarung tangaku sebelah kanan tu sobek, jadinya telapak tanganku perih banget kena talinya itu. Tapi untungnya sih gpp. Nah abis mountenaring gantian deh ravling. Tapi harus ngantri karena banyak temen2 yang belum naik. Nah pas di bawah malah ngobrol-ngobrol ma pelatih-pelatih. Eh malah pake acara dibaca garis tangannya juga. Awalnya sih gak berminat, abisnya keliatan gak bisa dipercaya. Tapi lama-lama tertarik juga. Hahahahaha.
    Nah abis diramal, pelatih-pelatih yang di atas malah turun ke bawah. Nah lho…kok gak malah gak jadi. Asiiikk, aku gak jadi ravling. Untungnya aja..tapi sebenarnya menyenangkan sih..hehehehehe
    Nah abis kegiatan itu kita balik lagi ke AAU (oh iya, tempat kegiatannya itu di luar AAU). Nah baliknya kira-kira jam 12 an kurang. Panas-panasnya kan. Eh malah kita disuruh lari. Wah bener-bener menguras tenaga (kira-kira berapa kalori yang terbuang ya..hehehehehe).
    Seperti biasa makan siang kita di Teleng, bareng-bareng sama yang cowok, dan seperti biasa juga pake ompreng. Kalo sekarang sih udah terbiasa banget. Jadi gak ada acara-acara nangis lagi. Trus nasinya boleh dikurangi. Jadi gak makan sebanyak itu lagi.
    Abis makan kita langsung ada kegiatan di kelas, wah adem dan gak perlu panas-panas lagi. Itu nyampe malem acaranya. Tapi tetep ada acara mandi plus makan malam di mess. Kalo enggak mandi, gak kebayang deh baunya kayak gimana, apalagi pake baju yang udah basah karena keringat yang dipake berkali-kali.

    Kamis, 18 Februari 2010
    Acara untuk hari ini sih gak terlalu berat dibandingin ma hari-hari lain. Maksudnya karena gak banyak kegiatan fisiknya. Pagi hari ada kelas sampe siang. Nah abis makan siang kita langsung balik ke mess buat ganti baju (pake training, sepatu olah raga, ma baju ijo). Buat ganti baju Cuma dikasih waktu bentar banget. Jadinya keburu-buru banget. Oh iya, abis ini kita semua mau mengikuti kegiatan penyebrangan basah. Nah penyebrangan basah ini gak dilakukan di kolam renang, tapi dilakukan di kolam yang warna airnya ijo, bener-bener kayak es cincau..hehehehe…
    Nah ternyata kita telat 15 menit dating ke lokasi. Ya udah deh, langsung ambil posisi push up. Abis itu kita diterangin gimana caranya melaksanakan penyebrangan basah. Kita harus pake tali pengaman, biar gak tenggelam. Gak pake pelampung soalnya. Nah talinya itu dibikin simpul-simpul gitu.
    Penyebrangan basah ini dilakukan di kolam yang kedalamannya lebih dari 3m (klo gak salah inget kira-kira 6 m). Kalo panjang kolam kurang tahu sih, tapi lumayan panjang. Nah di tengah-tengah kolam itu dipasangin tambang, jadi ntar pas nyebrang kita harus pegangan ma tambang itu. Secara teori sih gampang ya, kita tinggal nyebrang dengan pegangan ma tali. Tapi ternyata praktiknya susah banget. Apalagi aku gak bisa renang, ditambah ujan deres banget. Ditambah lagi badan udah sakit semua. Wah berapa kali ya aku minum es cincau itu (eh air kolam ding), dan berapa kali juga aku hampir tenggelam. Aku panik banget waktu itu, sampai-sampai aku panggil2 pelatih terus. Ya abisnya aku bener-bener panik, karena hampir tenggelam terus. Nafasku tu juga jadi cepet banget.Terus dadanya jadi sesek banget. Kadang aku bisa, kadang gak bisa. Wah pokoknya bener-bener pengalaman yang gak akan pernah aku lupain deh seumur hidup.
    Abis penyebrangan basah, kita mandi terus ada kelas malem. Kalo udah kelas malem tuh tinggal capeknya aja. Jadi biasanya aku nglurusin kaki trus mijitin kaki ma tangan. Lumayan banget. Walaupun sebenarnya masih sakit banget. Ya secara tiap hari kan kita jalan jauh, lari, olah raga juga, lari muterin stadion, jadi biasanya kalo abis duduk ato bangun tidur udah kayak orang abis melahirkan aja. Gak bisa buat jalan. Sakit banget rasanya. Pernah pagi-pagi abis bangun tidur aku kebelet pipis. Nah buat jongkok tu sakit banget. Waduh bener-bener deh. Buat sholat gerakannya juga gak total, soalnya sakit juga. Tapi ya tetep harus melakukan hal itu, masa gak sholat atau gak pipis. Malah lebih gawat lagi kan…
    Male mini dapet giliran jaga serambi. Maksudnya jaga serambi itu jaga di depan ruang makan dan ngawasin semua kamar. Padahal aku belum selesai nglakuin PUDD (peraturan urusan dinas dalam). PUDD itu maksudnya ngatur kamar biar rapid an sama untuk semua kamar. Bahkan pakaian pun harus sama letak, ukuran, urutan untuk semua kamar. Letak sepatu, koper pun juga harus sama.Untuk sprei tu gak boleh kusut sama sekali, dan gak boleh ada rambut sehelai pun di bantal ataupun di lantai. Jemuran di belakang letaknya juga harus sama. Wah pokoknya ribet banget. Nah gara-gara itu aku tidur sampe malem, gara2nya harus nyuci ma ngatur semuanya biar rapi dan sama ma yang lain. Soalnya kalo enggak sama ntar bisa dapet hukuman. Serem kan…


    Jumat, 19 Februari 2010

    Pagi ini beda dari biasanya. Soalnya kita semua harus mengikuti olah raga lari muterin stadion sepak bola sebanyak 4 kali. Kita semua udah ngeluh-ngeluh aja. Ya abisnya kan badan masih rontok gini, masih juga harus lari. Tapi ya lagi-lagi harus dijalani, abisnya emang harus gitu. Lari paginya harusnya dilakukan selama 12 menit, tapi karena gak kuat jadi dilakukan selama 18 menit.
    Abis itu kita mandi, trus makan pagi. Abis makan pagi kita ada kelas dulu. Jadi gak lansung pake baju ijo plus training. Tapi pake baju putih ma celana hitam, plus sepatu high heels.Ada cerita lucu dibalik sepatu high heels itu lho.Gini ceritanya…. Jarak antar gedung yang satu ma gedung yang lain kan cukup jauh, pastinya capek kan. Nah lebih capek lagi karena kita pake sepatu high heels ditambah lecet-lecet yang bikin kaki tambah sakit. Gara-gara itu kalo harus jalan jauh sepatu tu dilepas dan kita nyekeeerrrr…Pokoknya gak banget lah..
    Hari ini kita semua akan melakukan penyebrangan kering atau titian 2 tali abis itu dilanjutin merayap di tali. Bingung bisa apa enggak ya melaksanakan titian 2 tali. Ya secara aku belum pernah sih. Sebelum melakukan titian 2 tali dan merayap tali kita ada senam dulu buat memperkuat otot tangan dan kaki. Soalnya tangan dan kaki emang harus kuat, jadi harus ada pemanasan dulu. Tapi sebenarnya pemanasan itu pun udah cukup menguras energi. Capek banget….
    Abis itu kita langsung dapet pengarahan buat melaksanakan titian 2 tali. Yah ternyata emang gak susah-susah banget kok. Ya pas jalan emang agak goyang-goyang dikit. Eh, tapi tetep ding abis turun, kakiku bener-bener gemeteran. Sampai-sampai pas laporan ke pelatih kalo udah melaksanakan titian 2 tali ngomong ma kakiku tetep gemeteran. (oh iya, disana tiap kali mau melakukan apapun atau setelah selesai melakukan apapun harus lapor dulu, yah pake ala-ala militer gitu deh)



    Lega banget udah melakukan titian 2 tali, tapi belum berakhir lho ketegangan buat hari ini. Masih ada atu lagi, yaitu merayap di tali. Nah ini yang susah bin angel (hehehehe). Soalnya kan kita merayap di tali tambang yang gede banget. Yah sakit aja kan dan harus menjaga keseimbangan gitu.



    Tapi karena ujan deres, dan tambangnya licin makanya gak jadi. Dan itu tepat pas giliranku naik. Wah untung banget kan.
    Tapi ternyata yang belum merayap tali, kita semua diwajibkan merayap di lapangan sepak bola dalam kondisi ujan deres. Ternyata susah banget dan capek banget. Tangan nih rasanya udah mau copot. Pegel banget. Soalnya jarak rayapan itu lumayan jauh. Kita udah gak peduliin baju, kerudung, atau training yang udah basah dan kotor kena tanah. Yang penting nyampe ke tujuan (dengan merayap) daripada kena hukuman lagi.
    Abis selesai itu, sambil nunggu waktu jumatan, kita dibolehin mandi. Langssung aja jebur..jebur seger banget. Dan tanpa rasa beralah aku rendem training, baju ijo ma kerudung yang tadi buat merayap. Aku sih tenang-tenang aja, lha wong ntar kan kelas, jadi mesti gakpake baju itu lagi. Tapi pake baju putih item. Eh ternyata salah besar. Abis makan siang kita semua ada kelas pemadam kebakaran. Dan diwajibkan memakai kaos loreng dan training. Waduh alamat pake training basah kan..Yah pasrah deh pake training ma sepatu basah..hiks..hiks..hiks…

    Sabtu, 20 Februari 2010
    Hari Sabtu itu bener-bener hari yang paling menegangkan dan melelahkan dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Soalnya dari jam 4 pagi sampe jam 1 malam kita akan melakukan semua kegiatan yang berbau fisik dan mental. Pagi hari kita ada lari pagi 1 putaran stadion, abis itu ada PBB, abis itu ada latihan ketangkasan yang berbentuk haling rintang. Ya kayak outbond gitu. Cukup melelahkan juga, soalnya ada acara lari, merayap, naik, dll. Tapi bisa kita lalui dengan sukses.
    Siang hari jam 13.30 kita akan melakukan hanmas (pertahanan masyarakat). Nah hanmas ini sama aja dengan perjalanan jauh yang kita lakukan di awal-awal dulu sih. Cuma bedanya hanmas itu masuk-masuk ke desa-desa gitu. Jadi agak teduh, dan yang diliat bukan Cuma aspal aja, ada sawah-sawah gitu. Jadi lumayan enak dipandang mata. Nah jarak hanmas ma perjalanan jauh yang awal itu gak jauh beda. Tapi Alhamdulillah banget, udah gak ngrasa capek sama sekali. Sepanjang jalan aku ngobrol-ngobrol, ma ketawa-ketawa aja. Dan aku bener-bener gak ngrasa capek sama sekali. Walaupun tetep ya badan masih sakit-sakit. Akhir perjalanan hanmas ditutup sukses dengan penyebrangan sungai yang arusnya cukup deres dan berjalan di lumpur. Niatnya sih sepatu aku lepas biar gak basah, tapi tetep aja. Soalnya abis nyebrang dan jalan-jalan di lumpur sepatunya harus dipake lagi. Jadi ya ama aja tetep basah.
    Selesai hanmas itu kira-kira jam 5 sore. Abis itu kita langsung mandi, makan malem dan bersiap-siap buat latihan mental. Malem mini kita mau ada caraka. Ya sebenarnya sih kayak jurit malem waktu SMA dulu. Bedanya kita itu dibekali ma sandi-sandi gitu ma pesan yang harus disampaikan.
    Nah jurit malem ini dilakukan sendirian. Artinya gak berkelompok. Nah lho serem banget kan. Kita tuh dah pikirannya macem-macem aja. Untuk ke tempat carakan pun kita harus jalan. Wah pokoknya semuanya tuh ditempuh dengan berjalan kaki. Setelah nyampe di lapangan kita semua dikumpulin buat dikasih pengarahan dan pesan yang harus dibawa. Karena yang berangkan tu kelompok 1 duluan, dank arena aku sangat mengantuk. Aku tidur dulu di rumput. Hahaha..parah banget ya. Saking ngantuknya aku hampir aja ketiduran. Untung temenku bangunin karena harus baca pesan yang harus dibawa. Kalo enggak kayaknya aku dah tidur deh…hehehehehe
    Nah sebelum mulai caraka, seperti biasa haru lapor dan menyampaikan dulu pesan yang harus dibawa. Abis itu….jreng..jreng..jreng…dimulailah caraka yang menegangkan ini. Sumpah serem banget lho. Carakanya itu sendiri-sendiri dan gak boleh bawa senter, jadi hanya ditemani ma sinar bulan (jadi makin serem kan!!!). Rute caraka itu lewat hutan, kebun tebu, kuburan, dan berakhir di suau masjid. Aku dapet giliran nomer 2 dari yang terakhir. Aku udah takut banget, di jalan aku baca semua ayat-ayat Allah. Soalnya kita sama sekali gak boleh ngelamun atau ngeblank.Takutnya ntar bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selama perjalanan yang kuinget itu cuma pingin nyampe finish aja, trus sandi-sandi yang digunakan untuk mengetahui itu lawan atau kawan. Jadinya aku bener-bener lupa sama pesan yang nanti harus disampaikan di akhir itu (akibatnya fatal banget lho..).
    Sepanjang jalan aku berkali-kali denger temenku yang njerit-njerit ketakutan. Aduh aku dah deg-degan ja, tapi aku gak tau itu kejadiannya dimana. Ya udah aku jalan terus aja. Di tengah jalan tuh aku denger ada suara bersin (itu pelatih yang nyamar jadi setan).Ya pastilah aku udah gak takut, karena udah tahu siapa yang bakal nakut-nakutin aku. Jadi waktu di takutin aku Cuma kaget ja. Hahahaha…lucu sih pelatihnya, pake acara bersin dulu.
    Nah nyampe di pos terakhir aku harus megangin tali raffia dan gak boleh lepas. Awalnya aku belum sadar pos terakhir itu apa. Baru beberapa jalan ternyata kanan kiriku itu kuburan. Sumpah kaget banget aku. Sebenernya tuh kuburannya gak gede-gede amat, tapi gara-gara harus megangin tali raffia dan gak boleh dilepasin itu, jadinya muter-muter deh di situ. Padahal udah takut aja disitu, takut banget kalo tiba-tiba……hiiiiiiiiiiiii.
    Nah untungnya abis pos terakhir udah finish. Aku udah seneng banget, soalnya udah finish dan keteganganku pun udah berakhir.Eh ternyata salah besar. Gara-gara aku lupa gak nyebutin sandi, aku dihukum suruh nyanyi. Trus gara-gara aku lupa ma pesan yang harus disampaikan aku harus ngomong sambil meluk pohon. Ngomongnya gini:

    “Aku lupa pohon, tunjukilah aku jalan yang lurus” sebanyak 15 kali.

    Nah karena aku masih lupa juga, aku disuruh jalan jongkok. Hiks..hiks…hikss….
    Abis itu baru aku boleh duduk.Hufff legaaaaaaaaa banget…..

    Akhirnya malam ini berakhir juga. Abis makan snack kita dibolehin pulang. Tapi tetep pulangnya harus berjalan kaki sejauh 1 km lebih. Seneng banget rasanya. Pertama karena udah berhasil menakhlukkan caraka, kedua berarti bentar lagi kita pulang…Horeeeeeeeee……
    Tapi pulangnya aku malah dapet musibah. Sakit perutku kumat lagi. Itu sakit perut yang gak bisa disembuhin pake obat, biasanya aku minumin madu. Itu baru agak berkurang.Tapi aku gak bawa madu, dan mau nyari madu dimana jam 1 pagi kayak gitu. Karena nahan sakit aku sampe nangis. Temen sekamarku aja ampe bingung gitu. Beberapa menit kemudian, setelah aku minumin obat, sakitnya agak berkurang. Niatnya aku mau bangun buat ganti baju, tapi gara-gara bangun itu, perutnya malah tambah sakit. Bahkan buat gerak dikit aja perutnya sakit banget. Yo wislah semaleman aku masih pake baju ijo plus training yang dipake buat caraka itu.Biarin deh jorok, soalnya aku bener-bener gak bisa bangun. Lha wong buat gerak aja sakit, apalagi buat bangun…Nasib..nasib…


    Minggu, 21 Februari 2010

    Hari ini adalah hari yang paling dinanti-nanti. Sebenarnya sih bukan hari kepulangan, tapi tetep aja hari yang dinanti-nanti. Soalnya kegiatannya tinggal main-main doing plus nyiapin persembahan buat malam pengantar tugas (kayak malam perpisahan gitulah). Ya gak 100% main-main sih, kita cuma melakukan manajemen dasar, PBB, senam tongkat, olah raga. Nah yang paling seru tuh manajemen dasar, soalnya antara kelompok yang satu ma kelompok yang ke2 itu saingan. Yah seru-seruan gitulah. Nah abis itu acara disambung PBB. PBB terakhir gitulah. Tapi tetep aja seneng. Abis itu abis makan siang ada senam tongkat. Kayaknya enteng ya senam tongkat, tapi ternyata bikin capek dan sangat-sangat menguras tenaga. Nah yang lucu nih abis senam tongkat. Karena sepertinya sang pelatih melihat kita capek bin ngantuk, kita semua disuruh tidur di jalan. Padahal jalannya kan panas banget. Kita semua disuruh telentang trus memejamkan mata. Abis hitungan ke10 harus bangun semua dan ngambil tongkat masing-masing. Tapi hitungan 10 itu dibuat lama banget, akibatnya aku udah hampir tidur. Saking capek ma ngantuk sih. Tapi yang hampir tidur dan ngrasa enak tidur dijalan tu bukan Cuma aku ja. Semua temenku juga ngrasa gitu kok. Kata mereka tidur di jalan itu, serasa tidur di kasur yang empuk. Weleh..weleh..klo itu sih kebangetan. Aku aja masih bisa membedakan kasur empuk sama jalan yang panas ma keras itu..hihihihihi..temen-temenku tuh ada-ada aja.
    Abis itu kita semua melakukan persiapan buat ntar malem, yaitu malem pengantar tugas. Nah aku dapet jatah buat membawakan yel-yel. Ada 3 yel yang harus dibawakan ntar malem. Jadi kita latihan dulu biar kompak.
    Malemnya semua udah rapi datang ke Teleng II. Para pelatih juga datang dengan pakaian sipil. Cantik-cantik n ganteng-ganteng lho. Acara pun berjalan dengan sukses. Acara kita sukses, acara ngerjain pelatih pun juga sukses. Wah seneng banget.
    Trus waktu pelatihnya disuruh nyanyi, semua siswa harus ikut turun ke panggung, ikutan jogged-joged gitu. Tadinya pas diajakin aku gak mau. Males ah ikutan jogged-joged kayak gitu. Tapi kayaknya aku gak bertahan lama deh ditempet dudukku itu. Pasalnya aku ditarik ma temenku suruh ke depan. Yo wislah pasrah aja. Padahal sebelumnya tuh aku gak pernah ikutan joged di depan kayak gitu lho. Itu bener-bener baru pengalaman pertama. Besok-besok aku gak mau lagi ah…capek..hehehehehe
    Abis acara kita semua balik ke Mess buat packing..hore..hore..hore…akhirnya kita packing juga. Dan besok kita pulang. Senangnya hati ku…..

    Senin, 22 Februari 2010
    Hari ini…hari yang ku tunggu…akhirnya kita pulang…senangnya hatiku…hahahaha

    Acara hari ini kita cuma mengikuti upacara penutupan aja. Yah prosesi upacara penutupan sih sama kayak upacara pembukaan. Cuma bedanya ditambahin yel-yel dari siswa aja. Yah itung-itung nunjukin ke direksi ma staf BPD apa yang kita dapet di situ.
    Abis upacara kita balik ke Mess buat naikkin barang-barang ke bis, terus beli souvenir n balik lagi ke Teleng buat ketemu sama pelatih-pelatih.

    Yah itulah pengalamanku selama 1 minggu di AAU untuk mengikuti diklat Kesamaptaan. Ada banyak hal yang aku dapat selama 1 minggu itu. Awalnya mungkin aku ngrasa kegiatan-kegiatan kayak gitu gak berguna. Tapi aku ambil sisi baiknya. Kegiatan-kegiatan gitu bagus banget buat melatih mental, kedisiplinan, kekompakan, rasa kasih sama temen-temen atau orang lain. Kegiatan itu bisa digunakan untuk menyadarkan kita akan kemampuan diri yang tidak kita sadari. Misalnya kalo enggak dipaksa untuk naik dan turun tebing setinggi 60 m, kita pasati gak akan melakukannya. Tapi setelah dijalani ternyata kita bisa melakukannya. Dan jika kegiatan-kegiatan terebut diaplikasikan ke pekerjaan. Kita pasti mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang awalnya kita pikir tidak mampu, tapi setelah dijalani pasti mampu juga. Itulah kemampuan yang gak pernah disadari oleh kita semua.

    Pokonya rasa terima kasih yang tak terhingga buat para pelatih-pelatih di AAU. Kalau gak ada mereka mungkin kita gak akan kayak gini sekarang. Menjadi lebih kuat, lebih berdisiplin, dan gak apatis lagi. Pokoknya salut deh buat pelatih-pelatih di AAU!!!!!.

0 komentar: